Libur Tahun Baru, Destinasi Wisata Banyuwangi Prioritas Pengamanan

Banyuwangi – Pengamanan destinasi wisata di Banyuwangi diperketat. Bersama dengan petugas gabungan, 500 polisi berjaga di setiap destinasi wisata yang tersebar di Banyuwangi

Beberapa destinasi wisata favorit wisatawan menjadi prioritas pengamanan kali ini. Seperti di Pantai Pulau Merah, TN Alaspuro hingga TWA Kawah Ijen.

“Sembari mengisi pengamanan arus liburan ke Bali, kami juga prioritaskan pengamanan di destinasi wisata di Banyuwangi. Diantaranya Pulau Merah, Alaspuro dan Kawah Ijen,” ujar Kapolresta Banyuwangi, Kombes Arman Asmara Syarifudin kepada detikcom, Rabu (1/1/2020).

Tiga destinasi wisata itu, kata kapolresta, karena setiap libur weekend dan libur panjang, selalu dibanjiri wisatawan. Apalagi pada libur panjang tahun baru saat ini, kunjungan wisata di Banyuwangi meningkat hampir 100 persen.

“Selain tiga tempat itu kita siagakan anggota di destinasi-destinasi lain. Khususnya yang ada di gunung, pantai ataupun destinasi buatan kita kerahkan minimal 10 personel. Mereka membackup pos pelayanan masyarakat,” tambahnya. Sementara untuk mengantisipasi kemacetan jalan menuju destinasi wisata, pihaknya juga mengerahkan satuan lalu lintas untuk mengatur dari dan ke lokasi wisata. Ini dilakukan demi pelayanan yang baik Banyuwangi sebagai kota wisata.

“Tantangan kemacetan juga kita antisipasi dengan menyiapkan jalur alternatif dan kegiatan pengamanan agar tidak ada kemacetan. Salah satunya menuju wisata pulau Merah dan sekitar Grand Watu Dodol yang merupakan jalur utama wisata. Sudah kami antisipasi,” ujarnya.

Pengamanan destinasi wisata ini juga dibackup penuh oleh petugas dari TNI, Basarnas, BPBD Banyuwangi dan Satpol PP.

“Untuk kegiatan liburan panjang tahun baru ini tidak ada hal-hal menonjol. Lancar dan kondusif,” pungkasnya.

Sementara Danlanal Banyuwangi, Letkol Laut (P) Yulius Azz Zaenal mengatakan, pengamanan sepanjang perairan menjadi wewenangnya dalam pengamanan destinasi wisata. Sebab Banyuwangi memiliki panjang pantai sejauh 175 KM.

“Panjang pantai Banyuwangi 175 KM. Kita kerahkan pengamanan di destinasi wisata air seperti pantai, selat dan perairan lainnya,” tambahnya.

Pihaknya juga menurunkan kapal-kapal patroli yang siaga di perairan sekitar Banyuwangi.

“Kapal kami KAL Tabuhan dan Patkamla Mustaka kami siagakan untuk pengamanan perairan. Sejumlah personel kita sebar di destinasi wisata pantai dan laut,” ujarnya. (fat/fat)

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4843163/libur-tahun-baru-destinasi-wisata-banyuwangi-prioritas-pengamanan

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan