Budaya K3 Mampu Tekan Angka Kecelekaan Kerja

Surabaya – Anggota Komisi DK3P Jatim, Edi Priyanto menyatakan, bahwa kecelakaan kerja diwilayah Jatim masih sering terjadi. Walaupun demikian kata Edi, angka kecelekaan ini  alami penurunan sepanjang tahun 2019 jika dibandingkan tahun sebelumnya. Walaupun alami penurunan angka kecelekaan kerja perlu dilakukan usaha bersama untuk menumbuhkan kesadaran berperilaku  Keselamatan & Kesehatan Kerja (K3) yang tidak hanya diberlakukan pada pekerjaan formal dalam sebuah badan usaha/perusahaan namun juga pada pekerjaan sektor informal.

“Perlu peran dan dukungan seluruh pihak baik manajemen perusahaan maupun pekerja dan masyarakat, untuk melakukan upaya pencegahan/preventif guna meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja,” kata Edi dalam talk show sosialisasi pembudayaan K3 dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2020 bertajuk “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 pada Era Revolusi Industry 4.0 Berbasis Teknologi Informasi” di Surabaya, Selasa (31/12/2019).

Lebih lanjut Edi menyebutkan, bahwa apabila melihat data kecelakaan kerja yang ada, didalamnya terdapat angka kejadian kecelakaan lalu lintas yang jumlahnya terbilang cukup tinggi. Pekerja juga harus diedukasi agar dalam berkendara dilakukan dengan aman baik pada saat berangkat ke tempat kerja maupun perjalanan pulang kembali ke rumah (safety riding).

“Data kecelakaan kerja yang tercatat itupun juga masih dalam lingkup pekerjaan formal pada perusahaan/badan usaha. Masih banyak pekerja sektor informal yang hingga saat ini belum mendapatkan perhatian atas keselamatannya dalam bekerja, seperti pedagang (UMKM), petani, peternak, tukang tambal ban, tukang las, tukang ojek”,” sambung Edi.

 
Dikatakan pula, nenumbuhkan budaya K3 (safety culture) menjadi penting untuk diperhatikan guna meminimalkan risiko cedera dan terjadinya kecelakaan kerja yang disebabkan tindakan/perilaku berbahaya yang saat ini masih menjadi mendominasi.

“Mari kita mengajak da mengkampanyekan bersama untuk berperilaku selamat, karena orang lain dan masyarakat disekitar kita juga membutuhkan keselamatan,” pungkas Edi.

Terkait Peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2020 Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jatim, Himawan Estu Bagijo mengatakan, bahwa pelaksanaan bulan K3 2020 diantaranya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan norma K3, menjamin perlindungan K3 pada setiap kegiatan industry dan meningkatkan penerapan K3 pada pola dan bentuk pekerjaan baru yang timbul akibat era ekonomi digitalisasi.

“Dengan digelarnya berbagai kegiatan dalam rangka bulan K3 2020 akan mampu meningkatkan partisipasi semua pihak baik kalangan industri maupun masyarakat dalam upaya mewujudkan budaya K3 pada setiap kegiatan baik formal maupun informal sehingga pada akhirnya diharapkan mampu mewujudkan SDM yang unggul dan berdaya saing ” ujar Himawan.

https://www.wartaekonomi.co.id/read264217/budaya-k3-mampu-tekan-angka-kecelekaan-kerja.html/2

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan